Thursday, June 13, 2013

Kenikmatan Dibalik 'Pekatnya' Kopi Gayo

 

Kopi Aceh Gayo misalnya, memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Karena rasa pahitnya hampir seratus persen tidak terasa pada kopi ini.
Cita rasa kopi Aceh Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit. Bahkan rasa kopi Aceh Gayo melebihi cita rasa kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika.

Kopi Aceh Gayo dihasilkan dari perkebunan rakyat di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Di daerah tersebut kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini juga dikenal sebagai kopi hijau (ramah lingkungan).

Pada dasarnya kopi Aceh sama dengan kopi-kopi lainnya. Namun, karena ada beberapa bubuk kopi yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti jagung dan beras, ini bisa membuat cita rasa asli dari kopi hilang.

Seperti yang terjadi pada Kedai kopi Jasa Ayah yang terletak di Aceh. Kopi Gayo aceh yang disuguhkan disana murni tampa campuran biji jagung. Pemilik kedai kopinya, selalu menjaga keaslian kopi yang akan disuguhkan.

Selain karena bubuk kopinya, kenikmatan minum kopi juga tergantung dari keaslian biji kopinya. Di kedai yang terletak di Solong Ulee Kareeng, Aceh Besar ini menggunakan biji kopi yang berasal dari Lamno Aceh Jaya.

Berbeda dengan kedai lain, Disaat persediaan kopi tidak cukup, karena pengunjung dan pembeli kopi begitu ramai. Pemilik akan mencampur beberapa jenis biji kopi. Untuk itu, ketika menggiling biji kopi, akan mencampur biji kopi Lamno dengan biji kopi dari Geumpang Pidie dengan komposisi yang tepat tanpa menghilangkan aroma asli kopi masing-masing.

Aroma kopi Aceh akan semakin menjelajah dunia ketika kopi ini telah menjadi salah satu menu dalam kedai kopi internasional, Starbucks Coffee. Seteguk demi seteguk kopi Aceh pun akan sampai ke lidah orang-orang dari mancanegara.

Kenikmatan tiada taranya ketika menghirup kopi Aceh pun akan semakin bisa dinikmati warga dunia lainnya. Singkat kata, sekali mencoba kopi Aceh, dijamin pasti jatuh hati. Besok atau lusa nanti mesti kembali untuk merasakan kenikmatan aromanya lagi.
sumber :
 http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1392592/hmm-kenikmatan-dibalik-pekatnya-kopi-gayo/#.Ubq7wtiynIU


No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Rheuem Community, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda berkesan!!