Thursday, October 3, 2013

Tips Memilih Hewan Qurban

 
Hewan qurban yang akan disembelih pada setiap Idul Adha haruslah memenuhi standard; memenuhi syarat syar’i, sehat, dan tentunya harga kandang. Bahkan peternakan yang baik, mereka memiliki surat keterangan sehat dari dokter hewan, baik sapi, kambing serta kerbau.
Harga hewan qurban setiap menjelang Idul Adha cenderung meningkat (naik).

Kenaikan harga hewan qurban ini terjadi di Jabodetabek dan Bandung. Begitu pula pada Idul Adha 1434 H. atau tahun 2013. Pembeli bisa merasakan perbedaan bila membeli hewan qurban harga kandang dibandingkan dengan membelinya di lapak-lapak yang biasa mangkal di pinggiran jalan raya. Sapi kiriman dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera ke Jabodetabek serta Bandung bobotnya turun 50 kg. Pasalnya, setiap sapi dewasa memakan rumput dan meminum air mampu mencapai berat 50 kg. Sementara, sapi yang dikirim dari luar pulau akan mengalami stress dan tidak mungkin makan atau minum selama di perjalanan.

Guna memulihkan bobot hewan qurban untuk kembali normal memerlukan waktu sekitar 1 bulan dengan kondisi kandang tempat pemulihan sama dengan habitat sebelumnya. Bila habitat baru tidak sama dengan habitat asal, maka hewan qurban akan tambah stress dan bobotnya akan terus merosot dan mudah terserang sakit.

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Rheuem Community, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda berkesan!!